Waktu: 12/06/24, 5:00 WIB
Sumber: www.binasawitmakmur.com

Pemanfaatan-Limbah-Kelapa-Sawit

 

Kelapa sawit tergolong tanaman dengan segudang manfaat, dimana setiap bagiannya dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna sehingga tidak menghasilkan limbah. Salah satu hasil produk dari pemanfaatan limbah tanaman kelapa sawit adalah pupuk organik yang berasal dari Limbah Cair Kelapa Sawit (LCKS). Selain produk tersebut, berikut hasil lainnya dari pemanfaatan limbah kelapa sawit:

 

Sabut dan Cangkang Kelapa Sawit

Setelah buah kelapa sawit diproses untuk mengekstraksi minyak kelapa sawit mentah (CPO), sabut dan cangkang kelapa sawit dikumpulkan dan dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk boiler di pabrik kelapa sawit (PKS). Selain itu, sabut juga bisa digunakan untuk pupuk dan juga media tanam. Hal ini karena sabut sendiri mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor, dan unsur hara lainnya. Lalu, sebagai media tanam karena sabut memiliki kemampuan untuk menetralkan tanah masam, meningkatkan kadar penyerapan air tanah, dan mempertahankan kelembaban tanah.

Limbah cair kelapa sawit (LCPKS)

Limbah Cair Kelapa Sawit (LCPKS) adalah air buangan yang dihasilkan dari pengolahan minyak sawit mentah oleh PKS. Setelah diproses di fasilitas pengolahan air limbah (IPAL) perusahaan, LCKS dapat digunakan sebagai pupuk organik di area kebun. Tidak hanya itu, LCKS juga dapat digunakan sebagai energi biogas menggunakan teknik penangkapan metana.

Daging Buah Kelapa Sawit (Mesokarp) dan Janjang Kosong

Daging buah kelapa sawit beserta intinya bisa dibuat menjadi bahan pangan dan non-pangan. Pangan sendiri seperti minyak goreng, margarin, lemak kue, vitamin E, dan lainnya. Sedangkan non-pangan bisa dibuat untuk kosmetik, detergen, sabun, dan lainnya. Selanjutnya, janjang kosong yang merupakan bagian sisa dari potongan tandan di setiap kelapa sawit. Pada bagian ini, janjang kosong bisa dimanfaatkan kembali menjadi kompos dan juga pupuk organik.

Pohon, Daun, dan Pelepah Kelapa Sawit

Pertama pohon kelapa sawit sendiri bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan mebel (furnitur). Lalu, daunnya yang sudah dipotong bisa dijadikan sebagai mulsa atau penutup tanaman budidaya. Tidak hanya itu, daunnya juga bisa digunakan sebagai pupuk. Terakhir, Pelepah bisa digunakan sebagai pupuk organik saat melakukan penanaman kembali pada tanaman kelapa sawit. Selain menjadi pupuk organik, pelepah dapat membantu kelembaban tanah.

 

Demikian beberapa hasil yang bisa didapatkan melalui pemanfaatan limbah kelapa sawit. Mengetahui penjelasan tersebut, tidak heran apabila tanaman kelapa sawit mendapat julukan nihil limbah. Pastikan untuk menggunakan bibit berkualitas tinggi dan terpercaya seperti DxP Sriwijaya jika ingin menanam tanaman ini.

Bibit DxP Sriwijaya memiliki karakter unggul, yaitu produksi tandan tinggi, ekstraksi minyak tinggi, pertumbuhan meninggi lambat, toleran terhadap iklim kering dan persen kontaminasi non tenera yang rendah. Bibit siap tanam DxP Sriwijaya dapat diperoleh langsung dari PT Binasawit Makmur dan anak perusahaan PT Sampoerna Agro, Tbk. lainnya, yaitu PT Telaga Hikmah, PT Aek Tarum dan PT Sungai Rangit.