Waktu: 25/02/23, 5:00 WIB
Sumber: www.binasawitmakmur.com

PT-Binasawit-Makmur-Raih-Tiga-Anugerah-Industri-Benih-Kelapa-Sawit-Indonesia-tahun-2023

 

Bertempat di Menara 165 Simatupang Jakarta pada hari Kamis (23/2/2023) telah diselenggarakan sebuah acara bertajuk Focus Group Discussion dengan tema “Peta Jalan Industri Benih Kelapa Sawit Indonesia”. Acara ini diinisiasi oleh Forum Kerja Sama Produsen Benih (FKPB-KS) bekerja sama dengan Media Perkebunan atas saran dan masukan dari Ir. Achmad Mangga Barani, MM. dan Ir. Gamal Nasir, MS., selaku pemerhati dan mentor perkembangan industri sawit Indonesia. Acara dihadiri oleh berbagai stakeholder serta tokoh-tokoh berpengaruh yang berkecimpung di dunia perbenihan kelapa sawit di Indonesia.

Kelapa Sawit menjadi salah satu industri sangat besar di Indonesia tidak terjadi begitu saja. Ada proses jatuh bangun yang sangat panjang sehingga kelapa sawit berada dalam posisi seperti sekarang. Mulai dari sisi teknis seperti pemuliaan yang menghasilkan sawit dengan produktivitas tinggi dan kebijakan kondusif yang membuat sawit bisa berkembang seperti sekarang. Dalam sambutannya Andi Nur Alam Syah, Dirjen Perkebunan yang diwakilkan oleh Gunawan, Direktur Perbenihan Perkebunan mengatakan bahwa produsen benih kelapa sawit selalu akan menjadi sorotan strategis ketika ketika membahas masalah produksi benih kelapa sawit karena benih kelapa sawit merupakan komponen utama yang tidak dapat digantikan. Peran produsen benih sangat menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit terutama dalam kaitannya dengan pemenuhan benih kelapa sawit bermutu yang tepat jenis, varietas, mutu, harga, lokasi dan waktu.

Total hingga saat ini sudah ada 19 produsen benih unggul kelapa sawit resmi yang terdaftar di Indonesia dengan total 68 varietas. Oleh karena kontribusinya yang sangat luar biasa bagi kemajuan industri perkelapasawitan Indonesia, maka pada kesempatan kali ini Media Perkebunan bekerjasama dengan FKPB-KS dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) memberikan Anugerah Industri Benih Sawit Indonesia tahun 2023 kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi terbaiknya untuk perkembangan industri benih dan pemuliaan kelapa sawit Indonesia.

Pada tahun ini, PT Binasawit Makmur (BSM) meraih tiga kategori Anugerah Industri Benih Sawit Indonesia tahun 2023 diantaranya adalah Kategori Tokoh Pemulia Sawit yang diterima oleh Dr. Dwi Asmono selaku Direktur PT Binasawit Makmur, Kategori Produsen Benih Penyalur Terbesar ke II Kepada Petani, dan Kategori Sumber Benih Sawit Unggul. Penghargaan tersebut merupakan sebuah bukti bahwa BSM adalah perusahaan yang sangat concern terhadap kualitas benih unggul yang dihasilkan dan sangat berkomitmen dengan petani untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Sebagai salah satu narasumber pada acara tersebut, dalam penyampaiannya, Dr. Dwi Asmono mengatakan bahwa para produsen sawit sangat mendukung program replanting PSR dan berharap realisasinya dapat tetap berjalan sesuai dengan rencana, kemudian perlunya dukungan pemerintah terhadap ekspor benih untuk menjaga competitiveness industri kelapa sawit indonesia, serta perlunya keikutsertaan produsen benih kelapa sawit dalam pembuatan peraturan ekspor impor benih kelapa sawit, tidak hanya dalam segi bisnis namun dalam segi kolaborasi penellitian