Waktu: 05/12/22, 5:00 WIB
Sumber: www.binasawitmakmur.com

Pelatihan-Kultur-Teknis-Pembibitan-DxP-Sriwijaya-Menuju-Bibit-Unggul-Berkualitas-Tinggi

PT Binasawit Makmur (BSM) mengadakan Pelatihan Kultur Teknis Pembibitan untuk Mitra Penangkar dari berbagai wilayah di Indonesia. Pelatihan yang dilakukan pada tanggal 5/12/2022 – 9/12/2022 ini dibuka di Hotel Santika Radial, Palembang (6/12).

Zulhermana Sembiring selaku Head of Seed Production and Commercial PT BSM membuka pelatihan kultur teknis dengan mengajak para Mitra Penangkar untuk dapat bersama-sama bersemangat menuju bibit unggul dengan kualitas terbaik. Zulhermana menambahkan hal terpenting dalam menanam benih kelapa sawit unggul adalah Best Management Practice khususnya dalam perlakuan agronomi. “Jika ada dua penangkar, satu benih unggul tapi tidak dirawat dan satunya benih abal-abal tapi dirawat, pasti customer akan memilih yang dirawat, karena secara visual lebih bagus. Itulah pentingnya kita meningkatkan perlakuan agronomi dalam merawat bibit” tegas Zulhermana dalam opening speechnya.

Pembukaan pelatihan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen untuk dapat menjalankan prosedur pembibitan dengan baik serta menjaga kemurnian bibit kelapa sawit DxP Sriwijaya di lokasi penangkaran masing-masing. Pembacaan komitmen diwakilkan oleh Dendi Wibowo selaku Direktur CV Agro Wibowo Plantation yang kemudian dilakukan penandatanganan lembar komitmen oleh seluruh peserta pelatihan.

Mitra Penangkar pada Batch 4 Tahun 2022 berasal dari berbagai macam Provinsi. Tercatat dengan jumlah total 21 peserta, sejumlah enam orang berasal dari Kalimantan Barat, tiga orang dari Bangka Belitung, tiga orang dari Jambi, tiga orang dari Sumatera Selatan, dua orang dari Bengkulu, dua orang dari Kalimantan Tengah, satu orang dari Kalimantan Selatan, dan satu orang dari Sumatera Barat.

Sebagai langkah meningkatkan edukasi dan penambahan disiplin ilmu dari para Mitra Penangkar, PT BSM memberikan pelatihan baik teori maupun praktek lapangan. Pemberian pelatihan secara teori dilakukan di Hotel Santika Radial yang kemudian dilanjutkan Praktek di Kebun Surya Adi, dan Kebun Belida terkait kultur teknis pembibitan bibit Pre Nursery hingga bibit Main Nursery. Selain itu, peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke Kebun Induk Surya Adi untuk melihat pokok Induk Dura dan Pisifera serta Seed Preparation untuk melihat proses pembuatan kecambah DxP Sriwijaya.

PT BSM berkomitmen dalam meningkatkan kapabilitas Mitra Penangkar agar dapat menyalurkan bibit kelapa sawit yang unggul dan terbaik. Dengan dilakukan Pelatihan Kultur Teknis Pembibitan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga ahli pembibitan dari masing-masing Penangkar yang berintegritas dalam menghasilkan bibit unggul yang berkualitas tinggi.